Tips Kenali Kopi Enak di Café Murah di Bandung

 

Kota Bandung seperti keranjingan ngopi akhir-akhir ini. Semakin banyak tempat kopi yang buka mulai dari café yang mahal hingga café murah di Bandung. Semuanya juga berlomba-lomba menawarkan kopi enak di Bandung. Ada yang menjual mesin kopinya yang keren, ada yang menjual keahlian barista, ada yang menjual kualitas kopi, dan tidak lupa membuat café jadi tempat nongkrong yang instgramable. Intinya cuma satu, supaya memikat lebih banyak orang untuk nongkrong di sana.

Semakin banyak pilihan, semakin bingung pula untuk tahu café murah yang benar-benar menyajikan kopi enak di Bandung. Sebab tidak ada jaminan kalau minum kopi enak harus datang ke tempat nongkrong dengan kopi yang mahal. Nyatanya, ada banyak pilihan untuk menikmati secangkir kopi enak di Bandung dengan harga murah dan tempat yang nyaman.

Nah, supaya tidak salah pilih, Anda perlu tahu tips mengenali kopi enak yang disajikan di café murah di Bandung.

 

(sumber: java-nation.com)

 

  1. Aroma kopi sudah pasti nikmat

Ketika pelayan menyajikan kopi pesanan Anda ke meja, hal pertama yang biasa Anda lakukan adalah mencium aroma kopi itu. Kopi enak di Bandung meski di café murah atau mahal sekalipun selalu punya aroma yang khas. Ada kopi beraroma bunga, buah, atau seperti wangi rempah. Biasanya para ahli kopi menyebutnya aroma kopi enzymatic.

Ada juga kopi dengan aroma seperti gula yang di panggang. Anda bisa mencium sedikit wangi karamel, atau kacang, atau aroma cokelat dari kopi. Para ahli juga mengklasifikasikan satu aroma kopi enak yang disebut dry distillation atau bakaran, karena wangi kopi yang muncul adalah aroma karbon, bumbu, atau obat-obatan.

Bila Anda memesan satu menu kopi, ciumlah aroma kopi itu terlebih dulu. Diantara tiga jenis wangi itu, aroma mana yang kuat tercium oleh Anda. Aroma yang nikmat bisa jadi tanda pertama kopi enak dan berkualitas.

 

  1. Kopi yang enak tidak kehilangan karakternya meski di campur apa saja

Kopi memiliki karakternya masing-masing. Proses penguatan karakternya bahkan sudah terjadi dari saat kopi masih menjadi biji, dicuci, di jemur, di sangrai, dan di proses dengan berbagai mesin kopi yang hebat. Semua proses itu harus tepat dan sempurna supaya kopi tidak kehilangan karakternya. Apalagi saat kopi diseduh dan disajikan dengan berbagai campuran lain.

Salah satu contoh kopi enak di Bandung bisa Anda temukan di café murah di Jalan Riau Bandung. Bertempat di Koffie Café, ada satu menu kopi enak yang tidak kehilangan karakternya meski diseduh dengan campuran lain. Namanya adalah Oranje Bloessoem Koffie. Wanginya kuat karena mengandung aroma kopi bunga di tambah dengan wangi air jeruk yang dipakai untuk menyeduh kopi. Meski di campur bahkan di seduh dengan air jeruk, karakter kopi tetap kuat dan malah bercampur dengan baik sehingga menghasilkan sajian kopi enak dan nikmat.

 

Kopi dengan karakter kuat tidak akan kehilangan cita rasa meski di campur dengan yang lain.

 

  1. After-taste yang tidak mudah hilang dari lidah

Tips ketiga yang perlu Anda ketahui saat mengetahui kopi enak di Bandung khususnya adalah rasa yang tertinggal setelah Anda menyeruputnya. Istilah yang sering di pakai adalah after-taste dari si kopi. Ketika Anda menhirup aroma kopi lalu menyeruput sedikit kopi dan merasakan ada cita rasa kopi enakm dan nikmat tertinggal di lidah dan langit-langit mulut Anda dengan kuat, Anda bisa menilai enak atau tidaknya kopi tersebut. Sesuai dengan selera lidah Anda tentunya.

Bila Anda pemula dan tidak begitu mengerti bagaimana cara menilai kopi enak atau tidak, Anda hanya perlu merasakan kesan aroma dan rasa kopi yang tertinggal begitu Anda seruput. Bila Anda menemukan kesan rasa kopi enak yang menggelitik dan nikmat di lidah Anda, hal itu pun sudah cukup. Bila Anda ingin bisa menilai kuat tidaknya after-taste kopi enak, Anda bisa belajar lebih dalam pada ahli kopi atau para barista.

Mereka yang hobi nongkrong sambil ngopi umumnya mencari kopi enak dengan after-taste yang tahan lama. Salah satu jenis kopi enak di Bandung yang memiliki after-taste yang lama adalah  menu kopi bernama Koninklijk Koffie di Koffie Café. Namanya unik serupa after-taste nya yang unik juga. Kopi enak ini datang dari perpaduan kopi dengan sedikit Liqueur dan diberi Whipped Cream di atasnya. Café murah di Jalan Riau ini memiliki beragam sajian kopi enak di Bandung dengan after-taste yang tahan lama.

 

After-taste kopi yang tahan lama adalah yang paling di cari para penikmat kopi.

 

  1. Kopi enak itu manis meski tanpa gula buatan

Setiap kopi memiliki rasa manis yang berkarakter. Perlu Anda ketahui, dua jenis kopi yang banyak di konsumsi di dunia adalah kopi arabika dan kopi robusta. Keduanya memiliki karakter rasa manis yang berbeda. Kopi arabika memiliki kadar rasa manis yang lebih daripada kopi robusta. Sehingga akan terasa manisnya bila diproses dengan baik.

Selain after-taste yang tahan lama, para penikmat kopi juga menyukai kopi enak dengan rasa manis yang unik dan tahan lama. Rasa manis akan membuat lebih nyaman dan kopi tetap enak di seruput meski Anda diamkan berlama-lama. Ingat bukan kopi dengan rasa manis yang ditambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Melainkan kopi dengan rasa manis yang datang dari karakter si kopi itu sendiri.

Sama seperti rasa manis pada buah-buahan, rasa manis yang alami dari kopi membuat Anda ingin terus meminum kopi enak tersebut. Salah satu menu kopi enak di Bandung dengan rasa manis yang berkarakter bisa adalah cappucino.  Kopi enak dengan penjajian ala Italia ini bisa Anda seruput di Koffie Café.

Itu dia empat tips mudah untuk mengenali kopi enak di Bandung. Minum kopi enak di Bandung dan nongkrong dengan teman tidak harus ditempat yang mahal, kok. Cukup dengan mengenal empat tips ini, Anda bisa mengetahui café-café mana yang menjual kopi enak di Bandung. Tidak hanya enak tapi juga yang menjual kualitas kopi terbaik seperti Koffie Café De Paviljoen. Anda bisa menikmati kopi enak dengan tempat yang bisa membuat Anda seperti ngopi di beranda rumah sendiri.

Share