Kenali Warisan Budaya Kolonial via Sejarah Rijsttafel

 

Sejarah rijsttafel dan asal mula cara menikmati hidangan dari warisan budaya kolonial Belanda. Konsep makanan nusantara ini justru lebih populer di luar negeri dibandingkan di negeri sendiri. Namun, kini cara menyajikan hidangan konsep rijsttafel mulai kembali jadi trend di beragam restoran enak Bandung.

 

Mengenali Warisan Budaya Kolonial Melalui Sejarah Rijsttafel

Mengenali Warisan Budaya Kolonial Melalui Sejarah Rijsttafel

 

Kuliner unik dengan konsep rijsttafel mengingatkan kita pada dari cara menikmati hidangan warisan kolonial Belanda yang populer ratusan tahun lalu di nusantara. Melalui sejarah rijsttafel, Anda akan kembali mengenang suasana jamuan ala Eropa yang dikolaborasikan dengan menu beragam masakan nusantara.

Sejarah rijsttafel dapat ditelusuri dari asal mula cara menyajikan makanan berasal. Pada masa kolonial Hindia Belanda, para penguasa dan bangsawan Belanda menciptakan perjamuan ini sebagai sarana untuk menikmati beraneka ragam makanan Nusantara dalam satu kesempatan, sekaligus untuk membuat para tamu terkesan dengan memamerkan kekayaan dan kemakmuran nusantara yang eksotik.

 

Konsep Rijsttafel pada dasarnya adalah konsep penyajian makanan lengkap sesuai tata cara perjamuan resmi ala Eropa, yakni  diawali dengan menyajikan makanan pembuka (appetizer), makanan utama (main course), dan diakhiri dengan makanan penutup (dessert).

 

Titik berat konsep rijsttafel ditujukan pada cara penyajian dan kemeriahannya. Dalam sepanjang sejarah rijsttafel, makanan yang disajikan bukanlah masakan Eropa melainkan masakan Nusantara, Asia, dan serta sebagian kecil menu makanan Barat. Menu yang disajikan dengan cara ini bervariasi, tergantung selera. Menu standar biasanya melibatkan nasi kuning, ikan bakar, rendang, opor ayam, sate, dilengkapi dengan kerupuk dan sambal.

 

Ciri Khas Konsep Rijsttafel di Era Kolonial Belanda

  1. Disajikan oleh Banyak Pelayan yang Membawa Masing-Masing Satu Menu Makanan

Pada masa jayanya di era Hindia Belanda, versi jamuan resmi cara menikmati hidangan konsep rijstaffel paling mewah terdiri atas iring-iringan para pelayan berbusana resmi. Biasanya pelayan wanita menggunakan kain kebaya lengkap. Sedangkan pelayan pria menggunakan beskap, blangkon, dan bersarung kain batik.

  1. Makanan Disajikan Secara Maraton ke Meja Makan

Penyajian makanan disajikan secara khidmat dan resmi menyajikan belasan hingga puluhan piring berisi berbagai macam hidangan secara maraton ke meja makan di mana para tamu duduk untuk menikmati hidangan konsep rijsttafel.

  1. Menu Makanan yang Disajikan dalam Hidangan Konsep Rijstaffel Hingga 40 Macam

Sajian pertama adalah nasi putih kadang berbentuk tumpeng kecil di sajikan di piring tamu, kemudian satu per satu pelayan datang membawa beraneka macam hidangan yang terdiri atas lauk-pauk, sayuran, gorengan, sambal dan kerupuk. Menu makanan yang disajikan dalam sejarah rijsttafel bisa mencapai 40 jenis menu makanan khas nusantara dan beberapa menu makanan Barat.

  1. Tamu Mengambil Sendiri Makanan yang Dibawa Para Pelayan

Hidangan konsep rijsttafel ditawarkan dan disajikan kepada para tamu secara bergiliran. Mereka mengambil sendiri hidangan ini dari piring yang dibawa pelayan. Iring-iringan pelayan dalam sejarah rijsttafel datang silih berganti membawa aneka hidangan yang bahkan dapat berjumlah hingga 40 macam.

Namun, dalam sejarah rijsttafel, ada juga konsep penyajian hidangan konsep rijsttafel lain yang hanya menyajikan nasi putih di tengah, dikelilingi piring-piring berisi aneka hidangan. Pada intinya, sejarah rijsttafel mengajarkan suasana makan bersama dalam menikmati beragam menu makanan nusantara.

 

Restoran yang Menyajikan Hidangan Konsep Rijsttafel Kembali jadi Trend Kuliner di Bandung

Restoran yang Menyajikan Hidangan Konsep Rijsttafel Kembali jadi Trend Kuliner di Bandung

 

Mengenal sejarah rijsttafel dalam menggali wisata budaya warisan kolonial Belanda akan membuat inspirasi baru, khususnya dalam tata cara menikmati hidangan unik yang jadi trend kuliner terbaru di Bandung. Bandung sebagai kota yang terkenal dengan trend kuliner terbaru-nya mulai menyajikan kembali cara menikmati hidangan konsep rijsttafel. Ini akan memberikan wawasan dan pengalaman unik bagi para pecinta kuliner terbaru di Bandung.

Ingin mencoba cara menikmati hidangan konsep rijsttafel? Mampir saja ke restoran di Jalan Riau Bandung ini.

 

Share